- Get link
- X
- Other Apps
- Get link
- X
- Other Apps
kecerdasan buatan meningkatkan efisiensi jaringan
Sebuah studi global oleh Ciena menunjukkan bahwa penyedia layanan komunikasi (CSP) semakin optimis terhadap penggunaan Kecerdasan Buatan (AI). Sebagian besar ahli telekomunikasi dan teknologi informasi yang disurvei percaya bahwa AI dapat meningkatkan efisiensi operasional jaringan hingga 40% atau lebih.
Selain itu, 85% responden yakin CSP dapat menghasilkan uang dari lalu lintas AI di jaringan mereka. Studi ini dilakukan oleh Ciena bersama Censuswide, melibatkan lebih dari 1.500 ahli dan manajer CSP di 17 negara.
Jürgen Hatheier, CTO Internasional di Ciena, mengatakan bahwa memahami teknologi baru seperti AI sangat penting untuk tetap bersaing di dunia digital yang terus berubah.
Survei ini menunjukkan optimisme jangka panjang CSP tentang kemampuan AI meningkatkan jaringan, serta pentingnya perencanaan dan investasi untuk memaksimalkan manfaatnya.
Manfaat AI untuk Jaringan
Tema utama dari studi ini adalah pandangan bahwa AI akan meningkatkan kinerja jaringan. Untuk mencapainya, responden percaya bahwa perlu ada solusi baru di seluruh infrastruktur dan operasi jaringan fiber. Strategi populer yang diyakini dapat meningkatkan kinerja jaringan termasuk memperbarui perangkat lunak analisis lalu lintas (49% responden),
meningkatkan sakelar dan router (43%), dan investasi dalam teknologi 800G (40%). Hampir semua responden (99%) percaya bahwa mereka perlu meningkatkan jaringan fiber optik untuk mendukung lebih banyak lalu lintas AI.
Peluang Pendapatan dari AI
Secara global, CSP percaya bahwa sektor yang akan menghasilkan lalu lintas AI paling banyak adalah layanan keuangan (46%), diikuti oleh media dan hiburan (43%), serta manufaktur (38%). Responden juga melihat beberapa cara untuk menghasilkan pendapatan dari AI,
termasuk membuka jaringan untuk integrasi pihak ketiga (40%), layanan keamanan dan privasi (37%), produk baru (37%), paket langganan khusus (35%), dan diferensiasi kualitas layanan konektivitas (34%).
Cloud Privat vs Publik
Studi ini juga menegaskan pentingnya cloud dalam mendukung AI di seluruh jaringan. Sebanyak 43% CSP memilih menggunakan cloud privat untuk layanan AI, sementara 37% lebih memilih pusat data cloud publik. Hanya 21% responden yang berencana mengadopsi model cloud hybrid.
Penciptaan Lapangan Kerja
Hasil studi menunjukkan bahwa 67% CSP mengantisipasi AI sebagai pendorong penciptaan lapangan kerja. Bidang pekerjaan yang diperlukan untuk mengembangkan layanan AI termasuk keamanan siber (31%), pembelajaran mesin (30%), dan pemrograman (30%).
Perbedaan Global
Survei ini menunjukkan hasil yang bervariasi berdasarkan negara, misalnya, CSP di India sangat percaya diri (95%) sementara di AS kurang percaya diri (55%) tentang monetisasi AI. Ada juga perbedaan pandangan tentang dampak AI terhadap penciptaan lapangan kerja,
dengan Meksiko yang paling optimis (90%) dan Jepang yang paling pesimis (40%). Survei ini juga mengungkapkan bahwa sektor pendorong pertumbuhan lalu lintas AI berbeda-beda di setiap negara, seperti layanan keuangan, hiburan, manufaktur, kesehatan, dan pendidikan.
Survei global oleh Ciena menunjukkan optimisme tinggi di kalangan penyedia layanan komunikasi (CSP) terhadap potensi Kecerdasan Buatan (AI) dalam meningkatkan efisiensi jaringan hingga 40% atau lebih. Sebanyak 85% responden yakin AI akan menghasilkan pendapatan baru.
CSP melihat sektor layanan keuangan, media dan hiburan, serta manufaktur sebagai penghasil lalu lintas AI terbesar. Mereka juga mengidentifikasi strategi monetisasi AI, seperti integrasi pihak ketiga, layanan keamanan, produk baru, dan paket langganan khusus.
Pentingnya cloud dalam mendukung AI juga disoroti, dengan kecenderungan CSP untuk memilih cloud privat. Selain itu, AI diperkirakan akan mendorong penciptaan lapangan kerja dalam bidang keamanan siber, pembelajaran mesin, dan pemrograman.
Secara keseluruhan, survei ini menunjukkan bahwa CSP melihat AI sebagai alat penting untuk meningkatkan kapabilitas jaringan dan mendorong pertumbuhan pendapatan di masa depan.
Comments
Post a Comment