Perubahan ponsel genggam dari masa ke masa

Perubahan ponsel genggam dari masa ke masa




Perkembangan teknologi telah mengubah wajah gadget dari masa ke masa. Mari kita lihat bagaimana perangkat telepon seluler alias ponsel telah mengalami evolusi sejak pertama kali muncul pada tahun 1983 hingga saat ini secara berurut.



1. DYNATAC 8000X (1983)

Ponsel ini pertama kali dikembangkan dan dijual secara komersial oleh Motorola, Ponsel ini memiliki berat yang mencapai 1 Kilogram dan bisa menyimpan 30 nomor telepon dan harganya berkisar di 3,500 Dolar AS pada saat itu. 





Wujud dari DYNATAC 8000X



2. Nokia 1011 (1989)

Ponsel ini adalah yang pertama kali menggunakan teknologi GSM, yaitu adalah singkatan dari Global System for Mobile Communications, yaitu sebuah teknologi komunikasi seluler yang bersifat digital, Ponsel inilah yang menandai kesuksesan Nokia sebagai pembuat ponsel genggam di negara Finlandia kala itu.




Wujud dari Nokia 1011



3. IBM Simon Personal Communicator (1993)

Ponsel ini merupakan ponsel yang pertama kali menggunakan teknologi layar sentuh beserta fitur-fitur canggih lainnya seperti Personal Digital Assistant (PDA) yaitu adalah perangkat portabel yang berfungsi sebagai manajer informasi pribadi. Dan ponsel ini dikenal juga sebagai Smartphone pertama di dunia. Ponsel ini dikembangkan oleh Mitsubishi Electric.





Wujud dari IBM Simon Personal Communicator




3. Nokia 9000 Communicator (1996)

Ponsel ini menghadirkan keyboard QWERTY pertama dan memiliki ruang penyimpanan hingga 8 MB. Meskipun hanya bergrafis Monokrom, Nokia 9000 Communicator ini membuka jalan bagi perkembangan-perkembangan ponsel genggam di masa depan.




Wujud Nokia 9000 Communicator



Dan rampunglah sudah rangkuman tentang perubahan ponsel genggam dari masa ke masa, dan juga sedikit mengingatkan untuk tidak bermain ponsel genggam secara berlebihan karena dapat berdampak negatif kepada kesehatan maupun mental. Semoga dengan membaca ini, kamu mendapatkan wawasan baru ya!



Comments